Kupas Tuntas Masalah Pernikahan Dari Melamar Mempelai Sampai Ke Pelaminan

Bahagia Saat di Pelaminan

Helloshabby.com -Jauh hari sebelum ada keputusan keluarga wanita untuk menerima lamaran dari seorang pria, kedua sejoli yang akan berencana menikah sudah membayangkan yang indah-indah. Padahal ada faktor X yang mempengaruhi jawaban keluarga wanita di menit-menit akhir, akan menerima atau menolak.

Jika memang lamaran ditolak, tetaplah bersikap tenang dan ucapkan terima kasih kepada keluarga wanita yang telah memberi kesempatan untuk mengenal mantan calon istri. Bolehlah nangis tapi jangan di rumah mantan, malu dong hehehe. Tapi hal tersebut sangatlah jarang karena anda sudah mengenal calon yang anda lamar, jadi 90% lamaran anda pasti diterima.



Jika lamaran diterima, seyogyanya sudah mempersiapkan rencana pernikahan di kemudian hari. Tidak perlu presentasi rencana secara detail, cukup sampaikan kepada keluarga calon istri garis besarnya saja. Belum siap? jawablah dengan kalimat, “Insya Allah, 2-3 hari ke depan keluarga saya akan datang kemari untuk menentukan tanggal pernikahan.”

Mempersiapkan pernikahan dan pernak-perniknya bersama keluarga lebih ringan dibanding bila dipikirkan sendiri. Keterlibatan ayah dan ibu sangat penting sebagai salah satu wujud berbakti kepada orang tua, biarkanlah mereka dan keluarga besar yang mengurusnya, kamu sebagai calon pengantin hanya perlu mengemukakan pendapat dan menolak bila terdapat hal yang dinilai tidak sesuai yang diinginkan.


Tentukan Tanggal Menikah




Sebelum kesepakatan keluarga pria dan wanita tercapai, kamu harus tentukan tanggal pernikahan. Lebih cepat diresmikan lebih baik, tapi jika tidak bisa cepat karena; misalnya susah mendapat cuti dari tempat kerja, maksimal 3 bulan setelah lamaran diterima. 



Lebih dari itu ada beberapa anggapan kamu ditetapkan sebagai orang yang memainkan wanita. Akan tetapi beda lagi bila pihak wantia ingin mempersiapkan dengan matang, biasanya keluarga wantia sering mempertimbangkan untuk menata tempat ( rumah ) terlebih dahulu. Hal - hal yang menjadi pertimbangan pihak keluarga wanita minta waktu lebih dari tiga bulan adalah 

1. Mempersiapkan tempat untuk acara pernikahan ( bila dirumah biasanya adanya renovasi rumah , dapur, ruang tamu, langit langit dll. )

2. Bagi ibu - ibu hal yang dipikirkan adalah masalah bumbu dapur dan makanan apa saja yang akan disajikan hal tersebut menjadi pertimbangan yang paling inti , makanya perlu adanya waktu lebih dari 3 bulan.

3. Pihak wanita ( calon istri ) biasanya lebih memikirkan konsep apa yang cocok dalam acara pernikahan, dari gaun hingga dekorasi pernikahan.




Pasti ada kompromi saat kedua keluarga calon besan bertemu membicarakan pernikahan. Andaikan pihak wanita minta waktu lebih dari 3 bulan, tanyakan apa alasannya. Dan berusaha untuk saling mengerti agar kedepanya bisa berjalan sesuai keinginan.

Catatan Penting : 

Perlu diketahui bahwa 100 hari adalah batas waktu berlakunya surat pengantar nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA), lebih dari itu kamu harus membuat baru.

Baca Sambungan Berikutnya : Menetukan Mahar Atau Mas Kawin