Kupas Tuntas Masalah Pernikahan : Tempat Akad Nikah dan Pernak-Perniknya

Dekorasi pernikahan  Helloshabby.com

Kamu harus punya pandangan, akad nikah dan syukuran pernikahan dilaksanakan dimana. Bisa di rumah, kantor KUA, masjid, atau di tampat lain. Sebaiknya akad nikah dan syukuran dilaksanakan di rumah mengikuti yang pernah dilakukan Nabi, tapi bila rumah terasa kecil dibandingkan jumlah tamu yang diundang, boleh melakukan keduanya selain di rumah. Akad nikah yang dilaksanakan di kantor KUA tidak akan dikenai biaya.

Setelah ditentukan, pikirkan uang untuk membantu biaya pernikahan. Sebagian masyarakat Indonesia beranggapan biaya pernikahan dipikul kedua pihak, karena tamu yang datang dari pihak pria maupun wanita. Kurang etis bila tamu yang diundang dari pihak pria dan wanita, tapi semua biaya pernikahan; terutama sajian untuk tamu ditanggung keluarga wanita.

Kostum pengantin dan konsep syukuran pernikahan adalah hal paling membuat kepala pusing, terutama yang punya kelebihan harta.

Boleh saja membuat satu konsep pernikahan, perhatikan apakah konsep ini sesuai dengan agama, apakah pernah dilakukan oleh Nabi? Gunakanlah uangmu untuk hal yang lebih berguna, adakan syukuran pernikahan sederhana saja yang penting sudah mengundang tetangga dan sajian mencukupi untuk semua tamu.